Fannysella's Blog

October 27, 2010

Bagaimanapun otak tidak mampu mencegah migrant.

Filed under: macam- macam penyakit dan cara pencegahannya. — fannysella @ 10:36 am

Bertentangan dengan beberapa laporan yang ada, obat epilepsi oxcarbazepine ternyata tidak memperlihatkan dapat mencegah migrain, demikian menurut penelitian yang dipublikasikan pada 12 Februari lalu, yang bertopik Neurologi, oleh jurnal medis American Academy of Neurology.Penelitian yang berlangsung hampir 5 bulan ini, melibatkan 170 pria dan wanita dari klinik-klinik yang tersebar di AS. Sebagian dari orang-orang tersebut memperoleh dosis harian oxcarbazepine, sedangkan sisanya memperoleh placebo (obat rekaan/tiruan oxcarbazepine). Kedua kelompok ini termasuk yang terkena migrain 3 hingga 9 kali selama kurun waktu satu bulan.

Para peneliti tidak menemukan perbedaan di antara penerima oxcarbazepine dan penerima placebo, dalam hal serangan migrain dari awal hingga akhir penelitian.

“Hasil percobaan ini tidak mendukung data awal yang menyimpulkan bahwa oxcarbazepine efektif untuk mencegah migrain,” kata penulis hasil penelitian, Stephen D. Silberstein, MD, dari Universitas Thomas Jefferson di Philadelphia, dan Fellow of the American Academy of Neurology. “Sementara beberapa obat epilepsi telah digunakan selama beberapa dekade ini untuk mencegah migrain, oxcarbazepine tidak berefek mencegah migrain dalam penelitian ini, sebaliknya hanya menunjukkan bahwa aman dan mempunyai toleransi yang baik.”

Silberstein mengatakan, tiga obat-obatan epilepsi yang paling efektif mencegah migrain adalah topiramate, divalproex dan gaba-pentin, memiliki beberapa mekanisme dalam menangani migrain, termasuk kemampuannya mengatur “syaraf pemancar” yang dikenal sebagai GABA. Sebaliknya, oxcarbazepine tidak mempunyai peran yang jelas terhadap GABA. Silberstein mengatakan, ada kemungkinan obat epilepsi dapat mengatur “syaraf pemancar” ini agar mencegah timbulnya migrain.

Tambahan pula, kata Silberstein, beberapa faktor mungkin telah mempengaruhi kurangnya respon dalam penelitian ini, termasuk kesulitan relawan mengatasi migrain yang dideritanya.

Diperkirakan migrain telah mempengaruhi lebih dari 28 juta penduduk Amerika pada titik tertentu dalam kehidupannya, dan telah merugikan 18 milyar dolar per tahun akibat absen bekerja dan penurunan kinerja karyawan, serta merugikan 1 milyar dolar per tahun untuk biaya perawatan kesehatan. (sumber: American Academy of Neurology/tnm)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: