Fannysella's Blog

October 27, 2010

Ekstrak kunyit buat kemoterapi lebih efektif.

Filed under: macam- macam penyakit dan cara pencegahannya. — fannysella @ 11:08 am

 

Kurkumin dari akar kunyit, telah ditemukan dapat mengurangi jumlah sel kanker yang resisten terhadap kemoterapi.

Menurut sejumlah ilmuwan, ramuan umum dalam kare dapat menyasar dan menghancurkan sel-sel kanker yang resisten terhadap kemoterapi.

Hal ini dapat meningkatkan efektivitas kemoterapi dan juga membantu mencegah penyakit kambuh kembali.

Para peneliti dari Universitas Leicester telah menggunakan kurkumin, ekstrak kunyit, yang biasanya digunakan sebagai bumbu kare, untuk menghancurkan sel kanker yang resisten terhadap kemoterapi.

Tujuannya adalah untuk menggunakan ekstrak ini dalam jaringan tumor kolorektal. Jumlah kolorektal kanker lebih dari 600.000 kematian per tahun dan merupakan penyebab ketiga utama kematian akibat kanker di dunia barat.

Ketua peneliti, Dr. Karen Brown, mengatakan, bahwa setelah mengikuti pengobatan kanker, populasi kecil sel kanker seringkali dapat mengakibatkan kambuhnya kembali penyakit tersebut.

“Sel-sel ini tampaknya memiliki sifat berbeda dengan sebagian besar sel-sel dalam tumor, sehingga membuatnya resisten terhadap kemoterapi,” ujarnya.

Penelitian laboratorium sebelumnya telah menunjukkan bahwa kurkumin-kunyit, tidak hanya meningkatkan efektivitas kemoterapi namun juga dapat mengurangi jumlah sel yang resisten terhadap kemo, serta berimplikasi dalam mencegah penyakit kambuh kembali.

“Kami berharap, penelitian kami akan mengarah pada satu pemahaman yang lebih baik melalui metode-metode kurkumin dengan sasaran sel-sel yang resisten pada tumor,” tambahnya.

Menurutnya hal itu juga membantunya dalam mengidentifikasi populasi pasien yang hampir dipastikan mendapatkan manfaat dari pengobatan kurkumin di masa mendatang.

Kunyit, merupakan bagian dari keluarga jahe, sangat dikenal sebagai bubuk kuning yang seringkali digunakan sebagai rempah kare, telah dimanfaatkan pula untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad sebagai warisan nenek moyang.

Kunyit juga potensial digunakan untuk mengatasi radang sendi. Untuk hal-hal lain kini sedang diselidiki di seluruh dunia.

Peneliti Dr. Lynne Howells mengatakan dana dari Hope Against Cancer, yaitu dana beasiswa untuk riset pada Universitas tersebut, merupakan kunci dalam memajukan penelitian ini. (Erabaru/DM/sua)

 

 

sumber:google.com

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: